Rabu, 11 Desember 2013

Manfaat Bawang Bombay

Rasa pedih di mata saat memotong merupakan penyebab sebagian ibu enggan berurusan dengan bawang bombai. Padahal bumbu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Dilansir HuffingtonPost, para peneliti dari Amerika, Inggris, Prancis, Italia menyatakan bahwa bawang bombai mampu mengeliminasi racun tubuh. Berikut manfaat lain bawang bombai:


Jaga kesehatan kardiovaskular

Senyawa pada bawang mampu mencegah pengumpalan darah pada pembuluh. Tak hanya itu, ditemukan juga bahwa senyawa sulfur-nya dapat menurunkan kadar kloestrol dalam darah dan meningkatkan fungsi sel membran pada darah merah.

Cegah tulang keropos

Manfaat lainnya: memperkuat tulang, sehingga terhindar dari bahaya osteoporosis. Hal ini disebabkan karena senyawa sulfur dalam bawang mampu meningkatkan dan menjaga ketebalan tulang.

Anti iritasi dan pembengkakan

Zat pada bawang mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, dan bekerja secara spesifik mencegah iritasi dan pembengkakan pada luka. Tak hanya itu, dengan bawang, risiko infeksi bakteri pada luka dapat dicegah.

Cegah kanker

Melalui studi, ditemukan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi bawang memiliki risiko lebih kecil terkena kanker. Beberapa jenis kanker yang dikaitkan dengan bawang antara lain kanker kolorektal, kanker laring dan kanker ovarium.

Stabilkan gula darah

Konsumsi bawang bombai mampu menjaga kadar gula darah pada tubuh, sehingga bahaya diabetes dapat terhindarkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar