Jumat, 24 Januari 2014

Musim Hujan, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Makan Buah Ini

Meski kerap dianggap sepele, nyatanya serangan flu mampu melumpuhkan aktivitas. Biasanya flu datang saat musim hujan seperti ini, bersamaan dengan batuk, juga demam. Penyakit-penyakit langganan ini menyerang karena imun tubuh tak cukup mampu melawan perubahan cuaca ekstrem.

Sebagai antisipasi, kecukupan vitamin sangat dibutuhkan untuk mendukung kekebalan tubuh. Vitamin A misalnya, fungsinya sebagai penangkal virus dan kuman. Atau vitamin B6 dan B12 untuk peningkatan daya tahan tubuh.

Selain itu vitamin C yang juga berfungsi sama, yakni meningkatkan imun dengan mematikan virus berbahaya. Vitamin C ini tersedia tidak hanya pada jeruk.

Berikut beberapa buah yang dipercaya memiliki khasiat sama dengan jeruk, seperti dilansir The Times of India:

Pepaya


Buah ini tak hanya akan memenuhi asupan vitamin C tapi juga vitamin A, kalium dan serat. Satu gelas jus pepaya dapat diminum untuk mengawali aktivitas.


Stroberi

Keluarga berri ini disebut sebagai buah super yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Stroberi dikenal sebagai buah yang memiliki serat sangat baik dan kaya vitamin C



Jambu Biji

Dikutip Shine, buah ini memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk. Satu setengah cangkir buah ini mengandung 188 mg vitamin C dan 56 kalori. Mengonsumsi jambu biji dalam keadaan segar memang menyehatkan, namun ada cara lain yang lebih baik untuk menyantap buah ini. Sajikan setup jambu biji ditambah dengan kayu manis. Dijamin akan menjadikan rasa buah ini lebih istimewa.


Paprika merah


Layaknya jeruk, paprika merah juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran ini menawarkan dosis gizi lebih tinggi vitamin C dibandingkan jeruk. Satu setengah cangkir paprika merah mengandung 142 mg vitamin C (lebih dari satu jeruk sedang) dan 20 kalori. Jika Anda termasuk vegetarian, setengah cangkir mengandung 116 mg vitamin C.
Paprika bisa diaplikasikan ke dalam jenis masakan apapun, bisa dicampur dengan salad, tumisan dan masakan panggang lainnya.

Kiwi


Buah asal Selandia Baru ini kaya akan vitamin C. Kiwi mengandung 70 mg gizi dan 46 kalori. Buah ini biasanya dimakan mentah, tapi Anda juga bisa mengolah buah ini sebagai makanan penutup, atau bisa juga ditambahkan dalam menu salad dan campuran aroma untuk yogurt segar di cangkir Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar