Minggu, 02 September 2012

Keanekaragaman Kesenian Indonesia 1

* GAMELAN *
Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Orkes gamelan biasanay terdapat banyak di Jawa, Bali, Madura, dan Lombok dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Penalaan dan proses pembuatan gamelan adalah proses yang sangat kompleks. Gamelan menggunakan empat pranala nada, yaitu slendro, pelog, degung ( khusus daerah Sunda atau Jawa Barat ) dan madenda.

* TALEMPONG dan TALUANG *
Talempong adalah salah satu alat musik khas Minangkabau, Sumatra  Barat. Bentuknya hampir sama dengan gamelan dari pulau Jawa. Talempong dapat terbuat dari kuningan namun ada juga yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan adalah yang paling banayk digunakan. Talempong biasanya digunakan untuk mengiring tarian khas, seperti tari piring, tari persembahan, tari gelombang dan lain sebagainya. Talempong juga digunakan untuk menyambut tamu istimewa.

Taluang adalah jenis alat musik tiupnya, yang mana alat musik tradisional ini terbuat dari bambu seperti suling. Taluang itu sendiri adalah pipa bambu panjang yang terbuka. Panjangnya 65 cm dan dalamnya 2.5 cm dengan 4 lobang jari. Keutamaan para pemain taluang adalah dapat meniup dan menarik nafas secara bersamaan. Kesenian ini sering ditampilkan pada perayaan kampung dan acara keluarga dan sering juga dimainkan pada saat acara sejenis perngumpulan dana malam bagurau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar