Rabu, 05 September 2012

Ragam Suku Indonesia 1

* ORANG RIMBA *

Dipedalaman hutan-hutan Sumatra Selatan dan Riau terdapat suku terasing yang bernama Orang Rimba. Sebutan ini menunjukkan jati diri mereka sebagai etnis yang mengembangkan kebudayaannya, yang tidak dapat lepas dari hutan. Hutan bagi mereka merupan harta yang tak ternilai harganya, tempat mereka hidup, beranak-pinak, sumber pangan, hingga dilakukan upacara adat istiadat yang berlaku bagi mereka. Begitu juga dengan sungai dan mata air lainnya sebagai sumber air minum dan lainnya.


* SUKU KOROWAY *

Suku Koroway yang berada di Jaya Pura khususnya distrik Citak Mitak kabupaten Mappi selama ini tingga diatas pohon dalam hutan rimba Papua. Makanan pokoknya sagu dan berburu binatang seperti kuskus, kasuari, burung-burung dan beraneka fauna yang bisa dikonsumsi setelah dimasak dengan cara mereka secara turun temurun.


* SUKU BAJAU *

Suku Bajau adalah suku bangsa yang tanah asalnya adalah kepulauan Sulu, Filipina Selatan . Suku ini merupakan suku yang hidup nomaden diatas laut sehingga sering juga disebut dengan gipsi laut. Suku Bajau sejak ratusan tahun telah mendiamin Indonesia diwilayah Kaliaman Timur, Kalimantan Selatan dan menyebar ke Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.


*  SUKU BOTI *

Suku Boti merupakan keterunan suku asli Pulau Timur,  Atoni Metu, propinsi Nusa Tenggara Timur. Karena letaknya yang susah dicapai di daerah pegunungan, Desa Boti tertutup dari peradapan modern dan perkembangan zaman. Suku Boti dikenal teguh memegang keyakianan dan kepercayaan mereka yang diebut Halaika. Mereka Percaya akan dua penguasa alam yaitu Uis Pah dan Uis Neno


Tidak ada komentar:

Posting Komentar