Selasa, 15 Oktober 2013

Tanda-Tanda Dehidrasi


Tanda-tanda dehidrasi

Mulut Kering

Mulut dan bibir kering merupakan tanda umum dehidrasi. Namun, jika diikuti dengan lidah membengkak dan air mata kering, berarti dehidrasi yang dialami sudah parah.

Sembelit

Tak hanya kurang asupan serat, kurangnya cairan dalam tubuh juga mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar. Hal ini karena saat dehidrasi, usus besar mencoba menghemat air yang mengakibatkan feses menjadi kering dan keras.

Perubahan Warna Urin

Cara mudah mengetahui apakah tubuh kecukupan asupan air atau tidak adalah dengan memeriksa warna urin. Jika urin berwarna kuning pekat atau kuning gelap berarti Anda mengalami dehidrasi.

Nyeri di Kepala

Kekurangan cairan akan membuat volume dan pasukan oksigen menurun sehingga tubuh cepat lelah. Tanda ini juga disertai sakit kepala terutama saat tiba-tiba berdiri dari duduk atau tidur. Dalam kasus yang parah, seseorang yang dehidrasi bisa pingsan.

Jantung Berdebar

Dehidrasi juga menyebabkan turunnya aliran darah, hingga menyebabkan perubahan kadar elektrolit. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat.

Elastisitas Kulit Menurun

Berbeda dengan kondisi kulit normal, pada tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya kurang elastis. Saat dicubit, kulit cenderung lambat kembali ke bentuk semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar