Rabu, 20 Juni 2012

Masih Adakah Yang Peduli Dengan Dunia Anak ??

Masa lalu, masa kanak-kanak kita tak akan bisa langsung sirna dengan berjalannya waktu. Terkadang masa lalu itu yang membuat kita makin dewasa dan membuat kita semakin peduli dengan keadaan sekitar, terutama keadaan anak-anak yang mulai dewasa tetapi belum pada saatnya.


Mungkin saat kita dulu kecil, ditahun 90an masih banyak beredar lagu-lagu anak dan permainan tradisional yang sering kita mainkan. Siapa yang tak kenal dengan Puput Melati, Bonda Prakoso, Pandu Prapa, Enno Lerian, Melisa, Trio Laris, Trio Kwek-kwek, Ria Enes & Suzzan, Maissy Pramaisshela, Chikita Medy, dan masih banyak lagi.


Lagu-lagu mereka saat itu menjadi booming dan terkenal luas di Nusantara. tapi apa kabarnya sekarang dengan lagu anak yang dinyanyikan oleh anak-anak ?? Maish adakah yang peduli ?? Bahkan sekarang lebih banyak orang tua yang bangga jika anaknya bisa menyanyikan lagu-lagu dewasa padahal usia mereka masih 5 tahun. Miris sekali, disatu sisi perkembangan anak menjadi berloncatan tak beraturan. Liatlah sekeliling kita, makin banyak anak yang hapal dengan lagu " Iwak Peyek " ataupun " ABG Tua " padahal usia mereka masihlah 5 tahun. Coba tanyakan pada mereka apakah mereka mengenal lagu " Tik Tik Air Hujan " ataupun " Paman Datang " ??

Miris . . .

Tapi inilah yang terjadi. Inilah yang ada disekililing kita, banyak pihak yang sudah tak peduli dengan perkembangan mental anak-anak.

 

Jika kita peduli dengan perkembangan anak-anak kita, mari kita lestarikan dan mengembalikan kembali masa anak-anak di dunianya anak-anak dengan lagu anak-anak jangan sampai mereka mendewasa terlalu dini . . . 

2 komentar:

  1. Ada siy yg nyanyiin lg anak2 si tv, tp kalah booming sama yg cinta2an
    Aku sendiri sebel kl anakku taunya cherrybelle.
    Sighhhh

    BalasHapus
  2. makanya saya sedang getol menamankan lagu anak baik yang era lama maupun baru baik yang berbahasa lokal maupun interlokal

    BalasHapus