Sabtu, 04 Juli 2009

Manfaat Mahoni

Pertama kali dikenal Mahoni dimanfaatkan sebagai pohon pelindung. Pohon tahunana yang dapat mencapai 25 meter tingginya, setelah di teliti ternyata banyak memiliki manfaat terutama bijinya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti tekanan darah tinggi ( hipertensi ), kurang nafsu makan, demam, kencing manis ( deabetes militus ), masuk angin, eksim, dan reumatik.

 

Untuk  meredam hipertensi, sediakan 8 gram biji segar, sedu dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi dua bagian dan diminum pagi serta sore hari. Bisa juga dengan memasukkan setengan sendok teh ( ½  ) serbuk biji mohoni sedu dengan air 150 mili liter air panas tamabahkan satu sendok makan madu murni. Minum selagi hangat, lakukan 2 – 3 kali sehari.

 

Untuk mengurang kadar gula dalam darah, masukkan ½ sendok teh serbu biji mahoni kedalam air panas 100 mili liter. Diminum selagi hangat sebelum makan dan dilakukan 2 - 3 kali sehari.

 

Resep ini selain menurunkan kadar gula dalam darah juga mengakibatkan nafsu makan meningkat, menurunkan deman, dan meyembuhkan masuk angin.

 

Kadungan dalam biji mahani : Zat sapoin, dan Flanovoida. Kandungan Flanovoida berfungsi sebagai pelanacara aliran darah teritama mencegah penyumbatan salauran dan dan menurunkan kolesterol, mengurangi timbunan lemak pada dinding saluran darah, mengurangi rasa sakit adan pendarahan serta lebam. Zat ini juga bermanfaat sebagai anti oksidan dan mampu menyingkirkan radikal bebas, sehingga orang bebas kanker.

 

Sementara Sapon, mempu mencegar penyakit sampar, mengurangi lemak badan, meningkatkan sistem kekebalan, memcegah pembekuan darah, dan mengatur tingkat gula dalam darah serta menguatakan fungsi hati dan memperlambat pembekuana darah.

 

Dengan membiasakan mengkonsumsi biji mahoni, dapat diyakini orang dapat lebih jauh dengan hipertensi, diabetes dan penyakit lainnya, bahkan bisa membebaskan dari serangan kanker.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar