Kamis, 18 Juni 2009

Pesona wisata Indonesia

Rating:★★★★★
Category:Other
Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk wilayah pemerintahan Kabupaten Sukabumi. Sebetulnya nama Ujung Genteng berasal dari Ujung Gunting, dimana posisi Ujung Genteng berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yg berbentuk gunting. Keunikan pantai Ujung Genteng yaitu pantainya memiliki ciri khas pesisir pantai selatan yang terkenal bersih airnya dan ombaknya yang besar. Pada saat air laut surut, kita bisa berjalan ketengah laut sambil melihat-lihat biota laut seperti bintang laut, siput, ikan hias yg terperangkap, udang kecil dan bahkan cacing laut. Menariknya lagi kita bisa melihat langsung penyu hijau bertelur pada malam hari yang menggali lubang dan menutup lubang untuk telurnya, serta anda bisa menyentuh penyu hijau tersebut.
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pesisir pantainya masih asri, pemandangan bawah lautnya sangat indah dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini yang merupakan sebuah Pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Pantai yang terletak 12 kilometer dari sebelah barat laut Mataram, Nusa Tenggara Barat Lombok ini, terbentang hampir sepanjang 10 km dengan hamparan pasir putih yang seolah menggoda Anda untuk duduk diatasnya, sambil menghirup udara segar dengan menikmati pemandangan air laut yang berwarna biru gradasi hijau serta menikmati indahnya matahari terbenam di pantai Senggigi.
Baturaden adalah sebuah tujuan wisata di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturaden yang beriklim sejuk dengan udara segar menjadikan kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi. Beragam potensi wisata yang ditawarkan seperti air terjun, pemandian air panas, bumi perkemahan dan Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden atau disebut juga Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden yang merupakan kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi. Baturaden tak hanya menyimpan panorama alam yang indah, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu di dalam kawasan ini terdapat petilasan Mbah Topo yang dipercaya sebagai penemu kawasan ini.
Taman Nasional Komodo atau TN. Komodo merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan ditumbuhi pohon lontar yang merupakan tumbuhan khas daerah itu. Daya tarik utama TN. Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba biawak komodo. Tetapi keaslian dan kekhasan alamnya yang indah, khususnya panorama savana dan panorama bawah laut merupakan daya tarik pendukung yang Jjuga potensial. Dengan Wisata bahari seperti misalnya memancing, snorkelling, diving, kano dan bersampan. Sedangkan di daratan, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking dan camping.
Telaga Sarangan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah tepatnya di bagian barat Kabupaten Magetan Jawa Timur. Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu yang memiliki alam pegunungan yang indah. Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Telaga Sarangan merupakan obyek wisata andalan Magetan. Disini para pengunjung dapat menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga atau mengendarai kapal cepat.
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau Samosir itu sendiri dikelilingi oleh pegunungan, kemana pun mata kita memandang kita akan selalu menemukan pegunungan. Tak heran udara di sana pun sangat dingin. Daerah Tuktuk merupakan pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan. Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau diatas danau".
Gua Selarong adalah sebuah gua yang saat ini merupakan objek wisata dengan pemandangan alam yang indah serta cocok untuk digunakan sebagai bumi perkemahan. Objek ini berlokasi sekitar 14 km arah selatan Yogyakarta, tepatnya di Dukuh Kembang Putihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantulbukit yang ditumbuhi banyak pohon jambu biji dan pohon sawo kecik yang merupakan ciri khas dari objek tersebut. Di masa lampau gua ini digunakan sebagai markas gerilyaPangeran Diponegoro dalam perjuangannya melawan penjajahan Belanda. Di sekitar Gua Selarong terdapat sentra kerajinan kayu yang menghasilkan patung, topeng dan lain-lain. dan berada di puncak
Danau Singkarak merupakan Danau terluas ke-2 di Sumatera setelah Danau Toba. Danau yang terletak pada ketinggian 36,5 meter dari permukaan laut ini memiliki spesies ikan khas, masyarakat setempat menyebutnya " Ikan Bilih ", ikan ini memiliki keunikan yaitu tidak dapat dibudidayakan di luar habitatnya. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati Danau Singkarak lebih dekat disediakan perahu wisata dan perahu tradisional untuk menyusuri danau tersebut. Pada saat-saat tertentu di danau ini diadakan lomba perahu tradisional untuk tingkat daerah maupun tingkat nasional. Ini merupakan daya tarik bagi para wisatawan yang hobi dengan kegiatan lomba perahu tersebut.
Di kota Bandung Jawa Barat, tepatnya di Ciwidey, ada tempat wisata yang sangat menarik yaitu Kawah Putih Gunung Patuha. Yang sedikit membedakan dari kawah ini dengan kawah lainnya di Jawa Barat yaitu warna airnya yang terang dan selalu berubah-ubah sehingga akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. Dalam perjalanan menuju kawah, kita akan melewati objek yang menarik seperti rel kereta tua, sawah yang menguning, kebun teh dan hutan pinus.
Salah satu Pura terbesar yang dianggap sebagai induk Pura di Bali adalah Pura Besakih, yang juga merupakan objek wisata budaya yang terkenal dan sangat diminati untuk para wisatawan. Pura Besakih, pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang dan berada di lereng sebelah barat daya Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali. Komplek Pura Besakih terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di Pura ini berderet pura-pura utk persembahyangan bagi umat Hindu yang memiliki atau keturunan dari arya-arya jaman dulu seperti Arya Kenceng, Arya Pande dan lain-lain. adalah sebuah komplek.
Di Balikpapan terdapat Wisata alam Bukit Bangkirai yang merupakan wisata petualangan yang ada di dalam kawasan hutan primer bukit Bangkirai yang jarak tempuhnya 58 km dari Kota Balikpapan. Kawasan ini merupakan bagian dari kawasan hutan-hutan tropis yang ada di Kalimantan Timur dengan luas hampir 15 juta ha. Dalam kawasan ini selain keasrian hutan alamnya yang terjaga juga terdapat jembatan tajuk dan beberapa jenis burung surga dan burung enggang yang sangat langka.
Di Kecamatan Bantimurung Provinsi Sulawesi Selatan terdapat objek wisata Taman Wisata Alam Bantimurung. Keadaan Alam Taman Wisata Alam Bantimurung secara umum bergelombang sampai berbukit-bukit. Batuan kapur membentuk bukit-bukit yang terjal di kanan kiri sungai. Secara visual, daya tarik objek wisata alam yang ditawarkan di Taman Wisata Alam Bantimurung antara lain air terjun yang merupakan objek yang paling populer bagi pengunjung, Sungai alami, Goa Batu dan Bukit Karst yang merupakan panorama alam yang khas mencirikan Taman Wisata Alam Bantimurung yang biasa dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi jelajah alam. Beberapa kegiatan wisata alam yang bisa dilakukan diantaranya adalah lintas alam, I-Listeners dapat menikmati pemandangan alam, bermain di sungai, mandi di air terjun, rekreasi santai bersama keluarga dan memanjat tebing.

6 komentar:

  1. Wah, kapan ya bisa jalan keliling Indonesia raya ini.

    BalasHapus
  2. Iya juga ya, enggak perlu paspor (tapi tetap perlu ongkos >.<)

    BalasHapus
  3. pasti dung . . . ongkos yang utama . . . aku aja juga pengen balik ke tempat-tempat tersebut tapi ku kan sekarang pengangguran

    BalasHapus