Senin, 23 Februari 2009

Tahukan Anda ?

Rating:★★★★★
Category:Other
Kata Indonesia yang sekarang menjadi nama negara kita muncul pertama kali di jaman penjajahan Belanda. Pertama kali digunakan oleh dua orang Inggris, yaitu George Samuel Windsor Earl, yang bersama James Richardson Logan, menulis di sebuah jurnal penelitian Ilmiah. mereka menyebut penduduk Hindia Belanda yang ber-ras melayu dengan sebutan INDUNESIAN, diambil dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti kepulauan India


Pada tahun 1920-an edward Douwes dekker yang juga dikenal sebagai Dr.Setiabudi pernah mempopulerkan nama lain Untuk Indonesia yang tidak mengandung unsur India. Ia mengambil nama itu dari Pararaton, naskah kuno zaman Majapahit yang ditemukan di Bali pada akhir abad ke-19.
Masyarakat tradisional Sumatera Barat punya beberapa tradisi unik yang bernilai positif secara sosial dan lingkungan. salah satunya adalah tradisi mamutiah durian, yaitu kegiatan menguliti pohon durian apabila kedapatan salah seorang warga masyarakat pemilik pohon durian yang memanjat dan memetik buah durian sebelum durian itu matang, hal itu dilakukan sebagai sanksi moral bagi masyarakat yang melakukannya karena dipandang tidak mempunyai rasa sosial antar sesama.
Pada masa pemerintahannya, raja Purnawarman dari kerajaan tarumanegara meletakkan pondasi pembangunan yang mempertimbangkan aspek ekologis yang bernilai positif untuk lingkungan. sebagian daerah rawa-rawa boleh diurug oleh masyarakat untuk dijadikan tempat tinggal tapi sebagian daerah berawa tidak boleh dibangun. terutama rawa-rawa yang berada di tepi pantai karena sebagai daerah resapan air untuk menghindari banjir di daerah pemukiman.
Masyarakat sunda punya kearifan lokal dalam mengelola lingkungan hidup yang sudah diturunkan oleh karuhun mereka sejak ratusan tahun silam. gunung kaian, gawir awian, sampalan kebonan, pasir talunan, dataran sawahan, legok balongan. bahasa Indonesianya berarti tanami gunung dengan pohon, tanami tebing dengan bambu, jadikan tanah tegalan sebagai kebun, tanami bukit dengan berbagai tanaman, tanah lapang jadikan sawah, manfaatkan tanah berlubang untuk kolam. maksudnya adalah manusia harus memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari . Namun tetap harus menjaga asas keseimbangan.
Masyarakat kampung naga punya tradisi positif untuk menghormati pemimpin mereka. ungkapan leluhur mereka mengatakan ”Panyaur gancang temonan, parentah gancang lakonan, pamenta gancang caosan. Artinya, masyarakat Kampung Naga harus taat dan patuh kepada pemimpin, baik secara adat maupun secara pemerintahan. Jika diundang untuk menghadap cepat datang, jika diperintahkan untuk melakukan sesuatu cepat kerjakan, dan jika diminta sesuatu cepat berikan.
Abdi dalem Keraton Mangkunegaraan yogyakarta adalah contoh nyata pengabdian kepada pemimpin yang sesungguhnya, meski digaji dengan upah yang sangat rendah mereka tetap setia mengabdi kepada keraton. karena mereka menganggap bisa mengabdi kepada raja adalah sebuah berkah, mereka percaya rejeki akan datang dengan sendirinya karena mereka memegang prinsip hidup semeleh atau pasrah.
Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa dan etnis. bisa dibayakngakn betapa kayanya suku bangsa di Indonesia, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. indonesia juga merupakan Negara dengan bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia.
Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945 dan merupakan Negara ke 70 tertua di dunia. kemerdekaan Indonesia pada akhirnya mendorong negara-negara jajahan lainnya di seluruh belahan dunia untuk memerdekakan diri dari penjajahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar