Selasa, 21 April 2009

11 Fakta Tentang Laut

  1.  Kuda laut adalah kuda yang paling lambat didunia. Padahal namanya yang mengambil dari nama kuda pasti kita akan selalu membayangkan kuda laut ini bisa berenang dengan cepat dan lincah seperti kuda yang ada di darat. Faktanya : untuk mengarungi laut sepajang 1 kilometer, si kuda laut membutuhkan waktu sekitar 2,5 hari. Pantes tidak kalau kita ganti nama menjadi siput laut?
  2. Sailfish atau ikan gergaji adalah ikan yang paling cepat berenangnya. Dia bisa berenang dengan kecepatan sampai 109 KM/jam
  3. Dari semua makhluk tak bertulang punggung, Gurita adalah makhluk laut yang punya otak paling besar dan paling cerdas.
  4. Setelah gurita bertelur dan gurita betina tersebut akan menjaga te;ur-telurnya sampai 6 minggu tanpa meninggalkan tempat dan punya waktu untuk istirahat dan makan. Setelah menetas gurita betina akan mati. Gurita betina jarang yang dapat bertahan hidup lebih dari 15 bulan, setelah membuahi umumnya akan mati.
  5. Udang Mantis bisa menyerang musuhnya dengan capitnya yang luar biasa dengan kecepatan peluru 0,22 kaliber yang ditembakan. Udang ini sulit untuk dapat dipelihara karna dengan kekuatan capitnya dia bisa memecahkan kaca akuarium setebal 2 cm.
  6. Makhluk air bernapas dengan memompakan air ke organ yang berbentuk semacam tas. Kalau ada diluar air, tas ini akan menggembung seperti balon udara.
  7. Suara dapat merambat 5 kali lebih cepat dibanding diudara. Ikan tidak hanya mendengar melalui telinga tapi juga melalui bagian samping tubuhnya yang peka terhadap getaran dan pergerakan air.
  8. Bunyi capit yang bersentuhan sebenarnya sengaja dibuat oleh kepiting, udang, dan makhkul sebangsanya untuk menghalau dan menakuti musuh-musuhnya.
  9. Hiu putih adalah hiu yang paling ditakuti dan mematikan. Hiu putih termasuk predator tingkat pertama.
  10. Hiu Cucut atau Mako Shark adalah hiu perenang tercepat dianatara hiu lainnya. Kecepatannya bisa sampai 60 KM/jam
  11. Hiu Martil yang mempunya i moncong yang berbenntuk seperti martil ( palu ) mempunyai fungsi untuk mengalirkan listrik. Berguna untuk menarik perhatian buruan dan mangsanya.


2 komentar: