Sabtu, 25 April 2009

Manfaat Jambu Biji

Jambu biji yang nama latinnya Psidium Guajaya ini banyak dicari ketika musim demam berdarah tiba, diyakini buah ini mampu meningkatkan sel darah putih. Manfaat lainnya untuk kesehatan bisa meredam diabetes militus sampai masuk angin.
Untuk diabetes militus. Ambil satu buah jambu biji setengah masak. Belah menjadi empat bagian. Rebus dengan satu liter air sampai mendidih. Ambil airnya setelah disaring minum dua kali sehari pagi dan sore.

Untuk maag atau sakit lambung. Ambil delapan lembar daun jambu biji yang masih segar, rebus denagn 1,5 liter air sampai mendidihsaring dan ambil airnya. Diminum 3 kali ( pagi, siang, sore )

Untuk diare. Ambil lima lembar daun jambu biji, satu centi meter potongan akar, kulit dan batangnya. Rebus dalam air 1,5 liter sampai mendidih. Air disaring kemudian diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Untuk masuk angin. Ambil sepuluh lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, satu butir cabe merah, tiga buah mata asam jawa, satu potong gula jawa atau gula kelapa dan garam secukupnya. Semua direbus dalam 1 liter air sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya. Diminum dua kali sehari pagi dan sore.

Untuk sariawan, sisihkan segenggam dau jambu biji, satu potong kulitnya. Rebus dalam air 400 mili liter hingga mendidih. Saring airnya, diminum dua kali sehari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar