Minggu, 26 April 2009

Posisi Tidur Yang Baik dan Nyaman

Bagun tidur badan terasa sakit dan pegal-pegal, leher sakit dan badan manjadi lungkrah? Mungkin posisi tidur yang salah. Padahal posisi tidur menentukan dan sangat berpengaruh terhadap kesegaran tubuh setelah bangun tidur.

Posisi tengkurap. Banyak orang yang langsung merebahkan diri diatas kasur dengan posisi tengkurap. Padahal posisi ini dapat menekan perut, hati, dan organ dalam tubuh yang lainnya. Serta dapat mengakibatkan aliran darah dan udara tidak lancar.

Miring ke kiri. Posisi in dapat menekan jantung. Menyiasatinya dengan menggunakan bantal yang dapat mengisi ‘ ruang kosong ‘ antara leher dan kasur. Mesti tampak sepele namun cara ini mampu menghindari terjadinya sakit leher. 

Miring kekanan. Posisi ini dianggap paling aman karena tidak menekan jantung. Sehingga aliran darah ditubuh berjalan lebih lancar. Bila peredaran darah lancar maka sistem metabolisme tubuhpu meningkat dan rasa pegal dapat dihindari.

Posisi terlentang. Posisi ini juga dianggap baik bagi peredaran darah ditubuh. Namun, usahakan agar bantal dapat menopang seluruh kepala hingga bagian leher. Untuk menanggulangi bagian pinggang yang terasa pegal, siasati dengan menaruh bantal yang empuk dibawah lutu. Bisa juga menggunakan bantal kecil atau handuk yang digulung dan ditaruh dibelakang leher, asalkan tidak terlalu tinggi.

Bantal juga memegang peranan penting dalam posisi tidur. Gunakan selalu banatal yang dapat menopang kepala dan leher dengan baik. Jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi, padat, ataupun terlalu tipis. Karena dapat membuat leher sakit dan peredaran darah ke otak tidak lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar