Selasa, 21 April 2009

Manfaat Buah Semangka

Selain menyegarkan buah semangka juga memiliki banyak khasiat bila dikonsumsi. Sifatnya yang dingin, afinitas ke meredian jantung, lambungm dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh, peluruh kencing ( diurentik ), anti radang, melumasi usus, dan menghilangkan haus. 

Pada pengobatan tradisional Cina, semangak diguakan untuk melawan bentuk
“ summer heat “ yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyaknya keluar keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine jernih, diare, dan mudah marah. Buah ataupun jus buahnya meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan urine dan membersihkan ginjal. 

Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing ( diuretik ) menyehatkan ginjal, menyejukkan radang pada kandung kemih dan melembabkan usus.

Daging semangka rendah kalori dan mengandung ar sebanyak 93,4 %, protein 0,5 %, karbohidrat 5,5 %, lemak 0,1 %, serat 0,2 % serta vitamin A, B, C . selain itu juga mengandung asam amino sitrullin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromin, dan sukrosa. Kandungan kalium cukup tinggi dan dapat membantu kerja jantung dan menormalkan kadar atau tekanan darah. 

Bijinya kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20 – 45 % , protein 30 – 40 %, sitrulin, vitamin B12, dan enzim ureae. Senyawa aktip kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga agar tekanan darah normal.

Kulit buah semangka digunakan untuk pengobatan bengkak akibar\t timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis ( diabetis militus ), gatal karena tanaman beracun atau sakit ketika bangun tidur saat pagi hari akibat alkohol serta mencegah kerontokan rambut.


2 komentar: