Selasa, 21 April 2009

Yang Perlu di Hindari Pasien Ginjal dan Asam Urat

Sejumlah menu makanan mungkin sangat baik dikonsumsi sebagian orang. Tetapi layak dihindari oleh penderita sakit ginjal atau asam urat. Atau jika terpaksa memakannya dan tidak bisa menghindari, segera mungkin digelontor dengan banyak minum air putih. 

Kacang-kacangan, bayam, teh tanpa gula atau teh tawa, cokelat dan turunannya. Semua itu mengandung Oxalat yang cukup tinggi yaitu 0,1 % dari beratnya. Sedangkan buah – buahan seperti blueberry, anggur, jeruk, stoberi, kacang hijau, wortel, seledri, kopi sangria, daun bawang, mengandung 0,2 % oxalat.

Makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti minyak ikan, kunig telur, hati, mentega, serta makanana yang mengandung tinggi kalsium lainnya seperti ikan teri dan sardine dan sayuran hijau lainnya perlu dijaga kuantitas konsumsinya. 

Jangan berlebihan mengkonsumsinya. Hindari makanan yang dibakar atau digoreng. Jika ingin yang digoreng, gunakan ekstra virgin oil tapi makanan yang dikukus jauh lebih baik bagi penderita ginjal.

Daripada mengonsumsi makanan yang tidak dianjurkan lebih baik mengonsumsi sayuran mentah seperti salad, sehingga nutrisinya terjaga. Boleh makan daging sapi atau ayam. Untuk ayam hindari bagian yang terlalu banyak mengandung lemak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar