Minggu, 26 April 2009

INFO Penting Bagi Yang Punya Baby dan sering Memberikan Bedak serta Minyak Telon

Kebiasaan ibu yang selalu memberikan bedak dan meminyaki sang buah hati sesungguhnya tidak baik dan tidak diperlukan. Pasalnya, di daerah tropis bayi lebih cenderung berkeringat. Padahal campuran keduanya ,erupakan media yang baik untuk berkembangnya kaman di permukaan kulit. Terutama dibagian tertutup seperti lipatan leher, ketiak dan selakangan.

Selain itu campuran air dan bedak akan menutupi pori-pori kulit bayi yang masih sangat halus, bahkan bisa menyumpat pernafasan kulit dan saluran kelenjar keringat bila ditorehkan terlalu tebal. Masalah yang lain timbulnya iritasi dan keringet buntet serta ruam di permukaan kulit. 

Untuk membersihkan bayi sebenarnya cukup menggunakan air, seka sampai bersih dan kering. Cukup seperti itu tanpa harus ditambahai oleh bedak dan minyak lainnya. Bedak hanay boleh dipakai untuk mengatasi tergoresnya kulit kering. Meski kulit kering jarang terjadi di Indonesia atau daerah tropis lainnya, karena udara yang lebih cenderung lembab. Lain halnya jika diluar negri yang memiliki empat musim yang memiliki kelembaban udara lebih rendah.

Bila tetap ingin menggunakan bedak, cukup bubuhkan tipis dipermukaan kulit. Caranya taburkan sediki bedak ditangan kita, lalu oleskan tipis-tipis dibagian tubuh bayi, terutama dibagian tubuh yang mudah tergores. 

Hal yang sama juga berlaku untuk minyak ( baby oil ). Para ibu sering kali menorehkan minyak telon atau minyak kayu putih dengan alasan untuk mencegah masuk angin dan menghangatkan tubuh bayi. Padahal bahan minyak telon, terutama baby oli dann baby cream lebih parah lagi dampaknya dalam menyumbat pori-pori kulit dan kelenjar keringat. Sebaiknya produk minyak-minyakan itu tidak diborehkan pada kulit bayi. Selain menyumbat pori-pori juga dapat mengakibatkan ititasi, kering dan bersisik.


2 komentar: