Jumat, 10 April 2009

Keanekaragaman Kesenian Indonesia

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang dan gong. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensemble. Penalaan dan pembuatan orkes gamelan adalah suatu proses yang kompleks. Gamelan menggunakan empat cara penalaan, yaitu sléndro, pélog, "Degung" (khusus daerah Sunda atau Jawa Barat) dan "madenda".


Salah satu alat musik khas Minangkabau adalah Talempong. Bentuknya hampir sama dengan gamelan dari Jawa. Talempong dapat terbuat dari kuningan namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan. Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tari piring yang khas, tari pasambahan, tari gelombang dan lain lain. Talempong juga digunakan untuk menyambut tamu istimewa.


Salah satu alat musik tradisional khas Minangkabau adalah Taluang, Sumatra Barat. Yang mana alat musik tiup ini terbuat dari bambu seperti suling. Saluang itu sendiri adalah sebuah pipa bambu terbuka, panjangnya sekitar 65 cm dengan diameter dalam sekitar 2,5 cm dengan 4 lubang jari. Keutamaan para pemain saluang ini adalah dapat memainkan saluang dengan meniup dan menarik nafas secara bersamaan. Kesenian ini selain ditampilkan pada acara perayaan kampung dan acara keluarga juga sering ditampilkan pada sejenis acara pengumpulan dana malam bagurau. 


Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Tanah Sunda, terbuat dari bambu yang dibunyikan dengan cara digoyangkan. Bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu, sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Laras atau nada alat musik angklung sebagai musik tradisi Sunda kebanyakan adalah salendro dan pelog.

Alat musik kolintang termasuk jenis instrument perkusi yang berasal dari Minahasa Sulawesi Utara. Alat musik ini disebut kolintang karena apabila di pukul berbunyi : Tong-Ting –Tang. Penggunaan kolintang erat hubungannya dengan kepercayaan rakyat Minahasa, yang biasanya dipakai dalam upacara upacara pemujaan arwah arwah para leluhur.


Musik tradisi masyarakat Batak Toba disebut sebagai gondang. Ada 2 ansambel musik gondang, yaitu Gondang Sabangunan yang biasanya dimainkan diluar rumah atau dihalaman rumah dan gondang Hasapi yang biasanya dimainkan dalam rumah. Gondang Sabangunan terdiri dari sarune bolon, taganing, gordang, empat gong yang disebut ogung dan hesek sebuah alat perkusi yang membantu irama. Namun tangga nada yang dipakai dalam musik Gondang Sabangunan dan Gondang Hasapi ini hampir sama, lebih seperti tangga nada diatonis mayor yang dipakai di Negara Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar